Recent Posts

Banner 468x60

Wednesday, June 6, 2012

profil sumiati

sumiatiKekayaan indonesia memang luar biasa banykanya, mulai dari sumberdaya alam, kekayaan kuliner hingga kekayaan musiknya. Ketika berbicara musik rasanya tiap daerah di indonesia memiliki musik khas mereka masing-masing salahsatunya adalah banyuwangi dengan kendang kempulnya. Dan ketika ngomongin kendang kempul rasanya kita tidak lengkap kalau tidak menyebut nama sumiati.

Sumiati adalah salah satu penyanyi legendaris musik khas dari benyuwangi ini, nama beliau menurut saya bisa di sejajarkan dengan para legenda musik daerah yang lainnya seperti manthous atau juga didi kempot. Pada era tahun 2000an nama sumiati mulai di kenal luas bukan hanya di kalangan musisi lokal banyuwangi saja dan salahsatu lagu yang membuat nama beliau makin di kenal adalah gelang alit. Lagu ini hingga saat ini masih sering kita dengar di panggung-panggung dangdut baik yang ada di banyuwangi atau yang di luar banyuwangi.

Sama halnya dengan musik campursari yang masuk dan banyak di bawakan oleh para grup orkes dangdut, lagu-lagu kendang kempul juga demikian. Banyak sekali lagu kendang kempul yang makin populer ketika di bawakan oleh para artis orkes dangdut, dan inilah yang juga di lakukan oleh sumiati dan terus di ikuti oleh para “penerusnya” .

Keberadaan sumiati di belantika musik kendang kempul terbilang sangat penting, karena berkat beliau (tanpa mengesampingkan) jenis musik yang satu ini bisa di kenal luas. Namun saat ini kita sudah sangat jarang atau bahkan sudah tidak pernah lagi melhat beliat berada di atas panggung, ini karena memang beliat sudah memutuskan untuk “pensiun” dari dunia musik kendang kempul, selain demi mengurus keluarga juga untuk terus melakuka regenerasi dengan tujuan agar musik kendang kempul bisa terus eksis. (dangdut koplo)

No comments:

Post a Comment